Catatannya Thundra

Dibuat karena tugas kuliah

Pengetahuan Dasar Penggunaan Internet

October24

inet

Pada zaman sekarang, semakin banyak individu yang dapat terhubung pada internet menggunakan berbagai macam gadget maupun peralatan lainnya. Peralatan yang dapat terhubung pada internet ini telah meningkatkan produktivitas di berbagai bidang salah satunya komunikasi global menggunakan berbagai aplikasi yang ada. Kounikasi berkembang secara drastis dan menciptakan akses informasi setiap detiknya. Akses informasi yang dapat diakses setiap waktu ini menimbulkan padatnya lalu lintas data dunia maya.

Dengan berkembangnya era digital, kemampuan untuk mengoperasikan komputer dan peralatan lain yang dapat terhubung pada internet menjadi salah satu kemampuan dasar setiap indivudu sehingga belajar komputer secara dasar dengan cepat sangat diperlukan. Selain kemampuan dasar penggunaan peralatan ini, pengetahuan dasar tentang perlunya pembatasan pengguna lalu lintas data melalui internet juga diperlukan seiring dengan meningkatnya arus pertukaran data dan akses informasi yang semakin cepat.

Hal awal yang harus diketahui oleh seseorang yang akan menggunakan internet adalah menggunakan aplikasi penghubung  yaitu sebuah web browser. Web browser merupakan aplikasi yang dapat membuka website dan menghubungkan pengguna dengan internet. hampir semua sistem operasi selalu dirancang dengan web browser di dalamnya.

Hal-hal dasar saat menggunakan web browser yang harus diketahui adalah sebagai berikut:

  • Menemukan dan membuka web browser.
  • Membuka website.
  • Mamahami link.
  • Membuat dan menggunakan akun email.
  • Mencari dengan Google.
  • Membuka video

Selain hal-hal yang sudah dijabarkan, terdapat pula pengetahuan mengenai etika penggunaan internet terhadap berbagai fungsi internet. Etika penggunaan internet ini dapat mengurangi kejadian-kejadian yang dapat mengganggu pengguna internet lain baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

  • Internet sebagai media komunikasi
    Pengguna harus mampu menahan diri dengan tidak menggunakan internet dengan sembarangan dan melanggar etika baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Sebagai media komunikasi, pengguna internet dapat berkomunikasi dengan individu di seluruh dunia. oleh karena itu, pengguna internet harus paham dengan etika berkomunikasi yang baik agar tidak terjadi kesalahpahaman.
  • Media pertukaran data
    Dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Cepatnya pertukaran data ini sering disalahgunakan pengguna dengan mencuri data-data yang sedang bergerak.
  • Media untuk mencari informasi atau data
    Perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. Banyaknya informasi atau data yang dapat dicari melalui internet, menjadikan individu dengan seenaknya melakukan plagiasi informasi dan data individu lain di internet.
  • Sumber Informasi yang bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain .
  • Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

Dengan pengetahuan dasar mengenai internet dan penggunaannya, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya tindakan-tindakan yang tidak diperlukan yang dapat mengganggu pengguna internet lain.

Sumber:

https://dellacintya9f12.wordpress.com

http://pengetahuandasarinternetdanintranet.blogspot.co.id/

Email will not be published

Website example

Your Comment: